_Manajemen
Pemasaran_
Pada Pertemuan kedua ini di mata
kuliah Manajemen Pemasaran di ruang 307 tepat jam 10.30. Pak Amril selaku Dosen
mata kuliah Manajemen Pemasaran menjelaskan tentang Konsep Dasar Pemasaran.
Mengapa kita harus belajar marketing/pemasaran?
- Banyak faktor yang berkontribusi dalam kesuksesan bisnis serta fokus konsumen dan besarnya komitmen untuk memasarkan sesuatu merupakan hal-hal yang mengharuskan kita belajar pemasaran.
- Harus mampu untuk memahami dan memuaskan pelanggan.
- Kita harus mampu memberikan motivasi untuk semua orang yang ada di dalam organisasi maupun perusahaan tersebut agar apa yang kita pasarkan dapat menarik hati konsumen.
_Apakah
"marketing" itu?? "what is marketing"??_
A SOCIAL AND MANAGERIAL PROCESS BY WHICH INDIVIDUALS
AND GROUPS OBTAIN WHAT THEY NEED AND WANT THROUGH CREATING AND EXCHANGING
PRODUCTS AND VALUES WITH OTHERS.
"sebuah proses sosial dan managerial dimana
individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui
produksi dan pertukaran produk/barang dan nilai dengan orang lain".
_Marketing untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
pelanggannya_
Kebutuhan
·
Pernyataan tentang individu yang harus di penuhi kebutuhannya
Keinginan
·
Faktor lain kebutuhan yang terpengaruh dari kebudayaan
tertentu dan kepribadian individu.
_Produk_
Segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada
pasar, segala sesuatu itu termasuk objek-objek fisik, pelayanan, orang, tempat,
lembaga, serta ide/gagasan.
produk dibagi menjadi dua :
produk dibagi menjadi dua :
- Goods (Barang) = Tangible (yang dapat terlihat)
- Services (Pelayanan/Jasa) = Intangible (yang tak terlihat)
_Konsep-Konsep
Pemasaran_
- Value (nilai) = nilai di sini tidak selalu dikaitkan dengan angka
- Satisfaction (Kepuasan) = mampu memuaskan diri sendiri dan orang lain dalam arti costumer atau pelanggan.
- Quality (Kualitas) = Kita harus mampu mempertahankan kualitas baik pelayanan maupun bentuk jasa.
- Exchange (Pertukaran) = timbal balik disini menjelaskan bahwa apa yang kita beri dan kita terima seimbang.
- Transaction (Transaksi) = kesepakatan antara kedua belah pihak baik pemberi jasa maupun penerima jasa.
- Relationship (Relasi) = teman / jaringan (sehebat-hebatnya individu bila tidak mampu bersosialisasi dengan baik maka ia tidak akan dapat mengeksplor kemampuan yang ia miliki).
_Filosofi
Manajemen Pemasaran_
- Konsep produksi (konsep banyak memproduksi maka harga produk menurun)
- Konsep produk (mementingkan kualitas produk cenderung barang yang tidak semua orang mampu dapatkan atau miliki)
- konsep penjualan (harus agresif dalam penjualan agar barang yang kita miliki mampu terjual kepada pelanggan)
- marketing konsep (mempertimbangkan segala sesuatunya meliputi bagaimana produk dijual,bagaimana cara mengemasnya dan lain sebagainya)
- sosial marketing konsep (memberikan manfaat kepada lingkungan sosial, tidak semata-mata menjual).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar