Komunikasi
pemasaran didefinisikan sebagai “Asocietal process by which individual and
grup, dapat dikatakan bahwa proses yang membentuk hubungan antara komunikasi
individu atau grup dalam menyanpaikan jenis-jenis produk,barang, dan jasa.
Inti Dari Komunikasi Pemasaran
Komunikasi
pemasaran membahas beberapa masalah yang memiliki kaitan erat dengan komunikasi
dalam pemasaran, pokok kajian pembahasan komunikasi pemasaran antara lain
•
Strategi Komunikasi
•
Segmentasi Potensial
•
Perencanaan Media
•
Kreatif pesan dan Visual
•
Biaya Komunikasi dan Belanja Iklan
•
Riset Komunikasi Pemasaran
•
Konsep Bisnis Masa Depan
Mengembangkan dan Mengelola Program
Iklan
Iklan menurut Rhenald Kasali tahun
1992 menurutnya iklan adalah bagian
dari bauran promosi dan bauran promosi adalah bagian dari bauran
pemasaran. Jadi secara sederhana iklan didefinisikan sebagai pesan yang
menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat
suatu media, sementara menurut Frank Jefkins
(1997) iklan adalah pesan yang diarahkan untuk membujuk orang
untuk membeli. Definisi standar dari periklanan biasanya mengandung
enam elemen :
1. Periklanan
adalah bentuk komunikasi yang dibayar, walaupun beberapa bentuk periklanan
seperti iklan layanan masyarakat, biasanya menggunakan ruang khusus yang
gratis.
2. Selain pesan
yang harus disampaikan harus dibayar, dalam iklan juga terjadi proses
identifikasi sponsor. Iklan bukan hanya menampilkan pesan mengenai kehebatan
produk yang ditawarkan, tapi juga sekaligus menyampaikan pesan agar konsumen
sadar mengenai perusahaan yang memproduksi produk yang ditawarkan.
3. Upaya
membujuk dan mempengaruhi konsumen.
4. Periklanan
memerlukan elemen media massa sebagai media penyampai pesan kepada
audiens sasaran.
5. Periklanan
mempunyai sifat bukan pribadi
6. Periklanan
adalah audiens. Dalam iklan harus jelas ditentukan kelompok konsumen yang jadi
sasaran pesan.
Dalam definisi lain Iklan adalah segala bentuk
presentasi nonpribadi dan promosi gagasan, barang,atau jasa oleh sponsor
tertentu yang harus di bayar. Iklan dapat merupakan cara yang berbiaya
efektif guna menyebarkan pesan baik untuk membangun profesi atau mendidik
orang. Tugas departemen iklan adalah :
- mengajukan anggaran
- mengembangkan strategi iklan
- menyetujui iklan dan kampanye
- menaggani iklan melalui surat langsung
Dalam mengembangkan program iklan manager-manager
pemasaran harus selalu mulai dengan mengidentifikasi pasar sasaran dan motif
pembelian. Kemudian mereka dapat mengambil kelima keputusan dalam
mengembangkan program iklan yang di kenal dengan “ Tiga M” Mission yaitu
:
- money (uang) Berapa banyak yang dapat di belanjakan
- message (pesa) Pesan apa yang harus di sampaikan
- measurement (ukuran) bagaiman hasil yang seharusnya di evaluasi
Proses
Perencanan Komunikasi Pemasaran
Komunikasi
pemasaran dapat diidentifikasikan sebagai hal berikut:
1.
Mengidentifikasikan pasar dan kebutuhan konsuman atau persepsi konsumen.
2. Menggambarkan dan mengoperasionalkan gambar atau persepsi tujuan target group.
3. Mengevaluasikan sejumlah perilaku yang tergambar diyakini dapat mencapai tujuan.
Strategi mempromosikan sebuah produk atau perusahan merupakan strategi pembangunan atribut yang akan dan terus dikenal oleh konsumen.
2. Menggambarkan dan mengoperasionalkan gambar atau persepsi tujuan target group.
3. Mengevaluasikan sejumlah perilaku yang tergambar diyakini dapat mencapai tujuan.
Strategi mempromosikan sebuah produk atau perusahan merupakan strategi pembangunan atribut yang akan dan terus dikenal oleh konsumen.
Analis
Situasi ,Taktik,dan Strategi
Perusahaan
yang memiliki dua atau lebih konsep strategi ,memungkinkan perusahaan tersebut
bertahan dalam persaingan yang semakin keras.Perusahan yang tidak memiliki
kerangka dan strategi cadangan dalam menghadapi para pesaing justru akan
mengancam posisi produk mereka yang telah ada. Tujuan lain dari analis
situasi,teknik dan strategi dalam komunikasi pemasaran adalah untuk memperoleh
respon dari konsumen (sebagai sumber utama), dimana respon tersebut merupakan
langkah awal yang perusahaan untuk bersikap positif.
Mengelola dan Mengembangkan Program Iklan
A.Menentukan Tujuan Iklan
Tujan iklan harus mengalir dari
keputusan-keputusan sebelumnya mengenai pasar sasaran ,pemosisian pasar, dan
program pemasaran. Tujuan (sasaran) Iklan merupakan suatu tugas
komunikasi tertentu dan tingkat pencapaiannya harus di peroleh pada audies
tertentu dalam kurun waktu tertentu pula. Tujuan iklan dapat di golongkan
menurut apakah sasarannya untuk meninformasikan, membujuk, mengingat, dan
memperkuat. Tujuan iklan dapat digolongkan menurut sasarannya, adapun pengertiannya
yaitu:
1. Iklan Informatif
Dimaksudkan untuk menciptakan kesadaran dan
pengetahuan tentang produk baru atau ciri baru produk yang sudah ada.
2. Iklan Persuasif
Dimaksudkan untuk menciptakan perasaan suka atau
senang, preferensi, keyakinan, dan pembelian sebuah produk baik berupa barang
maupun jasa.
3. Iklan Pengingat
Dimaksudkan untuk merangsang pembelian kembali produk
baik barang maupun jasa yang pernah dibeli sebelumnya oleh konsumen.
4. Iklan Penguatan
Dimaksudkan untuk meyakinkan pembeli bahwa pilihan
mereka dalam membeli barang tersebut adalah sebuah pilihan cerdas.
B.Memutuskan Anggaran Iklan
Walaupun iklan diperlukan sebagai pengeluaran lancar,
sebagian diantaranya adalah investasi yang menambah aktiva tidak berwujud yang
disebut ekuitas merek. Ada lima factor khusus yang harus dipertimbangkan pada
saat anggaran iklan : tahap dalam siklus hidup produksi, pangsa pasar dan basis
konsumen, persaingan dan gangguan, frenkuensi iklan, daya sibtitusi produk.
Adapun penjelasannya sebagai berikut:
1. Tahap dalam siklus hidup produk
produk baru biasanya mendapatkan anggaran iklan yang
lebih besar. Hal ini dimaksudkan agar produk tersebut mampu membangun kesadaran
dan mengupayakan pelanggan untuk mencoba produk tersebut. Merek-merek yang
sudah memiliki image baik, biasanya memiliki anggaran iklan yang lebih rendah,
karena angka penjualan produk tersebut dinilai tidak akan merosot terlalu jauh
tanpa adanya iklan yang mendukung penjualannya.
2. Pangsa Pasar dan Basis Konsumen
untuk memperbesar pangsa pasar dengan meningkatkan
ukuran pasar, diperlukan pengeluaran yang lebih besar. akan lebih mudah
menjangkau konsumen sebuah merek yang telah digunakan secara luas daripada
menjangkau konsumen merek berpangsa kecil.
3. Persaingan dan gangguan.
Dalam pasar yang memiliki pesaing yang berjumlah besar
dan pengeluaran iklan yang tinggi, sebuah merek perlu diiklankan secara
besar-besaran agar dapat 'terdengar' oleh konsumen. gangguan yang sederhana pun
yang datang dari iklan yang tidak langsung bersaing dengan produk tersebut akan
menyebabkan turunnya pamor merek produk tersebut sehingga kebutuhan iklannya
menjadi lebih besar.
4. Frekuensi Iklan
Jumlah pengulangan yang diperlukan untuk menyampaikan
pesan dari merek produk tertentu kepada konsumen memiliki dampak penting
terhadap anggaran iklan. Secara logika sederhana; semakin tinggi frekuensi yang
diperlukan, semakin tinggi anggaran yang dibutuhkan.
5. Daya substitusi produk.
Merek produk dalam kelas komoditas memerlukan iklan
yang lebih besar untuk membangun citra yang berbeda (contoh komoditas adalah :
rokok, bir, minuman ringan). Iklan juga berperan penting terhadap sebuah merek
produk jika merek tersebut menawarkan manfaat atau ciri fisik yang unik.
C.Mengembangkan Kampanye Iklan
Dalam merancang dan mengevaluasi sebuah kampanye
iklan, penting untuk membedakan strategi pesan atau menentukan posisi dari
sebuah iklan (apa yang diupayakan untuk disampaikan oleh iklan tentang iklan)
dari strategi kreatifnya (bagaimana iklan mengekspresikan tuntutan merek). Untuk
mengembangkan satu strategi pesan, para pengiklan menempuh tiga langkah yaitu :
menghasilkan pesan dan evaluasi, mengembangkan dan pelaksanaan yang kreatif dan
tinjauan tanggung jawab sosial. Adapun elemen dari mengembangkan kampanye
iklan.
1. Pembentukan & evaluasi pesan
Pengiklan selalu mencari "ide hebat" yang
memiliki sifat :
- Menghubungkan merk dan konsumen secara rasional dan emosional
- Membedakan dengan tajam merek yang dimiliki dari merek pesaing
- Cukup luas dan fleksibel untuk diterjemahkan ke dalam berbagai media, pasar, dan periode waktu.
2. Pengembangan dan pelaksanaan yang kreatif
dampak iklan tergantung tidak hanya pada apa yang
dikatakan, namun lebih sering kepada bagaimana sesuatu tersebut dikatakan.
Dalam hal ini, biasanya pengiklan menyiapkan pernyataan berupa strategi teks
atau copy strategy statement yang menjelaskan tujuan, isi, dukungan, dan
nada iklan yang diinginkan.
- Iklan televisi, dikenal sebagai media paling kuat dan jangkauan spektrum konsumen yang luas dengan menunjukkan secara langsung atribut-atribut produk dan penjelasan yang persuasif mengenai manfaat produk yang berhubungan dengan konsumen.
- Iklan media cetak, dapat memberikan informasi yang lebih rinci dan mengkomunikasikan dengan lebih efektif.
- Iklan radio, memiliki fleksibilitas tinggi karena pengiklan tidak perlu selalu melakukan rekaman untuk iklan tertentu. Penyiar dengan segala kreativitasnya dapat membantu mempromosikan produk.
3. Tinjauan tanggung jawab hukum dan sosial
Pengiklan dan agen-agen periklanan harus memastikan
bahwa iklan yang dihasilkan tidak melampaui norma-norma sosial dan hukum.
Secara sosial, pengiklan harus berhati-hati agar jangan sampai iklan yang
dilakukan menyakiti hati kelompok-kelompok etnik, ras minoritas, dan kelompok
kepentingan khusus tertentu. Secara hukum, pengiklan tidak boleh menghasilkan
iklan yang memiliki kapasitasn menipu konsumen. Dalam hal ini, konsumen
memiliki hak untuk menggugat iklan yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada
dalam produk yang ditawarkan.
Menetapkan Media dan Mengukur Efektivitas
Setelah memilih pesannya, tugas pengiklan berikutnya
adalah memilih media untuk menyampaikannya. Tahap-tahapnya adalah (1)
memutuskan jangkauan yang diinginkan, frekwensi, dan dampaknya; (2) memilih di
antara jenis-jenis media utama, memilih sarana media khusus; (3) memutuskan
waktu media yang tepat dan memutuskan alokasi media secara geografis. Kemudian,
(4) hasil keputusan-keputusan ini perlu dievaluasi.
1. Memutuskan jangkauan yang diinginkan, frekwensi,
dan dampaknya
Pemilihan media adalah mencari media yang paling
berbiaya efektif untuk menyampaikan jumlah dan jenis paparan yang diinginkan
kepada audiens sasaran.
2. Memilih di antara jenis-jenis media utama
Perencana media harus mengetahui kemampuan jenis-jenis
media utama untuk menghasilkan jangkauan, frekwensi, dan dampak.
3. Memutuskan waktu media yang tepat dan alokasi media
secara geografis
Pengiklan perlu mengetahui karakter calon konsumennya
dan karakter produk yang dijual. Dengan hal tersebut, pengiklan dapat dengan
mudah memutuskan kapan iklan akan disajikan di media serta jangkauan media yang
menjadi agen iklan dari produk tersebut. Hal ini diperlukan karena logikanya
adalah : tidak mungkin orang di sekitar pegunungan membeli produk cetakan
istana pasir untuk anak-anak. maka dari itu, perlu disesuaikan antara karakter
produk dan konsumen yang membutuhkannya.
4. evaluasi hasil keputusan-keputusan
Langkah terakhir adalah evaluasi dari hasil keputusan
yang telah diambil sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar iklan selanjutnya dapat
dilakukan dengan lebih efektif dan efisien dari iklan-iklan yang telah
dihasilkan sebelumnya.
Memutuskan Jangkauan, Frekuensi dan
Dampaknya
Pemilihan media adalah mencari media yang paling
berbiaya efektif untuk menyampaikan jumlah dan jenis paparan yang diinginkan
kepada audiens sasaran.tugas berikutnya adalah mengetahui berapa banyak
paparan. Pengarauh paparan terhadap kesadaran audiens bergantung pada jangkauan
, frekuensi , dan dampak paparan tersebut :
- Jangkauan (R). Jumlah orang atau keluarga yang berbeda yang terpapar pada jadwal media tertentu setidaknya sekali dalam kurun waktu tertentu.
- Frekuensi (F). Jumlah waktu dalam kurun waktu tertentu ketika orang atau keluarga rata-rata terpapar pada pesan tersebut.
- Dampak (I). Nilai kualitatif paparan melalui media tertentu.
Hubungan antara jangkauan , frekuensi , dan dampak
dijelaskn dalam konsep-konsep berikut :
- Jumlah total paparan (E). Jangkauan dikalikan dengan frekuensi rata-rata, yaitu E = R X F. Ukuran ini sebagai nilai peringkat kotor (GRP-gross rating point).
- Jumlah paparan tertimbang (WE). Ini adalah jangkauan dikalikan dengan frekuensi rata-rata dikalikan dengan dampak rata-rata, yaitu WE = R X F X I.
Perencanaan media harus memikirkan kombinasi
jangkauan, frekuensi, dan dampak yang paling berbiaya efektif. Jangkauan paling
berperan ketika meluncurkan produk-produk baru, merek di antara dua merek lain,
perluasan merek terkenal, atau merek yang jarang dibeli.
Frekuensi paling berperan penting jika terdapat
pesaing yang kuat, sesuatu yang rumit yang harus di ceritakan, penolakan
konsumen yang tinggi, atu siklus pembelian yang sering.
Pilihan Iklan Alternatif
Place advertising disebut juga iklan di luar rumah,
merupakan satu kategori yang ditetapkan secara luas yang merebut banyak bentuk iklan
alternatif yang berbeda. Alasan yang sering dikemukakan adalah bahwa para
pemasar itu lebih baik menjangkau orang di lingkungan lain, seperti di mana
mereka bekerja, bermain dan tentu saja berbelanja. Ada beberapa pilihan yang
tersedia termasuk papan reklame, ruang publik, tempat produk dan titik
pembelian.
1. Papan Reklame / Billboards
Papan reklame sudah ditransformasikan selama
bertahun-tahun dan sekarang menggunakan grafik yang diproduksi secara digital
dan berwarna, dengan latar belakang suara, gerakan dan gambar yang luar biasa
bahkan tiga dimensi.
2. Ruang Publik
Pengiklan memasng iklan cetak dan iklan tv tradisional
di tempat yang tidak biasa seperti bioskop, penerbangan, dan ruang tunggu, juga
ruang kelas, arena olahraga, kantor danelevator hotel, serta tempat-tempat umum
lainnya.
3. Penempatan Produk
Penempatan produk dapat dikombinasikan dengan promosi
khusus untuk mempublikasikan produk ikutan. Beberapa perusahaan mendapatkan
penempatan produk tanpa biaya dengan memasok produk mereka kepada perusahaan
film.
4. Pajangan dan Peragaan di Tempat Pembelian
Daya tarik dari iklan ini terletak dalam fakta bahwa
sejumlah studi menunjukkan bahwa di banyak kategori produk, konsumen membuat
banyak keputusan merek final mereka di toko.
MENGEVALUASI MEDIA ALTERNATIF
Media alternatif menyajikan beberapa
opsi menarik bagi pemasar. Sekarang iklan dapat tampil secara virtual di mana
saja konsumen memiliki beberapa menit bahkan detik waktu luang dan dengan
demikian cukup waktu untuk memperhatikan mereka. Keuntungan utama dari media
nontradisional adalah bahwa audiens yang sangat tepat dan mau tak mau harus
mendengar. Sesungguhnya, iklan di luar rumah sering disebut “penjualan 15
detik“. Tantangan pada media nontradisional adalah menunjukkan jangkauannya dan
efektifitasnya melalui riset independent yang dapat dipercaya.
Menyeleksi Wahana Spesifik
Perencanaan media harus mencari wahana yang paling
efektif biaya dalam setiap jenis media pilihan.
Dalam melakukan pilihan, perencana harus mengandalkan
layanan pengukuran yang menyediakan perkiraan ukuran audiens, komposisi, dan
biaya media. Ukuran audiens memiliki beberapa ukuran :
- Sirkulasi. Jumlah unit fisik yang memuat iklan tersebut
- Audiens efektif. Jumlah orang yang terpapar dengan sarana tersebut.
- Audiens yang terpapar iklan secara efektif. Jumlah orang yang memenuhi ciri-ciri audiens sasaran yang benar-benar melihat iklan tersebut.
Beberapa penyesuaian harus dilakukan pada ukuran biaya
per seribu tersebut. Pertama, ukuran tersebut seharusnya disesuaikan dengan
mutu audiens. Kedua, nilai paparan seharusnya disesuaikan dengan probabilitas
perhatian audiens. Ketiga, nilai paparan tersebut seharusnya disesuaikan dengan
mutu editorial majalah tersebut. Keempat, nilai paparan tersebut seharusnya
disesuaikan dengan kebijakan pemasangan dan pelayanan tambahan majalah
tersebut.. banyak agen iklan menggunakan program komputer untuk memilih media
awal dan kemudian melakukan perbaikan lebih jauh berdasarkan faktor-faktor.
Mengambil Keputusan Mengenai
Waktu dan Alokasi Media
Dalam memilih media, pengiklan menghadapi masalah
makro-penjadwalan maupun mikro-penjadwalan. Masalah makro-penjadwalan mencakup
penjadwalan iklan tersebut dalam kaitannya dengan musim dan siklus bisnis.
Masalah mikro-penjadwalan memerlukan pengalokasian pengeluaran iklan dalam
kurun waktu singkat untuk memperoleh dampak yang maksimum.
Pola yang paling efektif bergantung pada tujuan
komunikasi tersebut dalam kaitannya dengan sifat produk, konsumen sasaran,
saluran distribusi, dan factor-faktor pemasaran lainnya. Pola waktu seharusnya
mempertimbangkan tiga faktor yaitu perputaran pembeli; frekuensi pembelian; dan
tingkat kelupaan.
Dalam meluncurkan produk baru, pengiklan harus memilih
di antara kesinambungan, konsentrasi, kenaikan, dan keberdenyutan iklan.
- Kesinambungan. Dicapai dengan menjadwalkan paparan secara merata sepanjang periode tertentu.
- Konsentrasi. Memerlukan penggunaan semua dana iklan dalam satu periode.
- Kenaikan berkala. Memerlukan iklan untuk suatu periode, diikuti masa kekosongan tanpa iklan, diikuti periode kedua kegiatan iklan
- Pola denyut. Adalah iklan yang berkesinambungan dengan tingkat bobot rendah yang diperkuat secara berkala oleh gelombang kegiatan yang lebih berat.
Mengevaluasi Efektivitas Iklan
Perencanaan dan pengendalian iklan yang baik
bergantung pada pengukuran efektivitas iklan. Kebanyakan pengiklan mencoba
mengukur efek komunikasi suatu iklan.
A. Riset dampak komunikasi.
Berupaya menentukan apakah suatu iklan berkomunikasi
efektif. Ada tiga metode utama pra-pengujian iklan dengan cara menjawab
pertanyaan-pertanyaan ini;
1. Apakah pesan utama yang anda dapatkan dari iklan
ini?
2. Menurut anda, apa yang mereka inginkan anda
ketahui, yakini atau lakukan.
3. Seberapa besar kemungkinan iklan ini akan
mempengaruhi anda untuk melakukan tindakan yang disiratkan?
4. Apa saja yang berhasil dengan baik dan apa yang
tidak berhasil dengan baik dalam iklan ini?
5. Bagaimana persaan anda tentang iklan ini?
6. Dimana tempat terbaik menjangkau anda dengan iklan
ini?
B. Riset dampak penjualan
Dampak iklan pada penjualan umumnya lebih sulit diukur
daripada dampak iklan pada komunikasinya. Pertanyaan umum yang diajukan untuk
mengukur dampak penjualan adalah :
"apakah anda membeli produk ini karena melihat
iklan?" atau
"darimana anda mengetahui produk ini?"
Promosi Penjualan
Promosi penjualan, sebagai unsur utama dalam kampanye
pemasaran, adalah berbagai kimpulan alat-alat insentif yang sebagian besar
berjangka pendek, yang di rancang untuk merangsang pembelian produk atau jasa
tertentu dengan lebih cepat dan lebih besar oleh komsumen atau pedagang.
Kalau iklan menawarkan alasan untuk membeli, promosi
penjualan menawarkan insentif untuk membeli. Promosi penjualan mencakup
alat untuk promosi konsumen, promosi perdagaggan, dan tenaga pengualan.
Tujuan
Alat-alat promosi penjualan berbeda-beda dari segi
tujuan tertentunya. Promosi penjualan sering menarik orang-orang yang berahli
merek, yang terutama mencari harga murah, nilai-nilai yang baik, hadiah.
Promosi penjualan yang di gunakan di pasar yang memiliki kesamaan merek
yang tinggi menghasilkan tanggapan penjualan yang tinggi dalam jangka pendek
tetapi sedikit kenaikan permanen dalam pangsa pasar. Selain peralihan merek,
komsumen bisa terlibat dalam penimbunan barang, pembelian lebih awal dari biasanya
(akselerasi pembelian) atau membeli jumlah ekstra. Namun Penjualan bisa
kemudian menimbulkan kemerosotan pasca-promosi. Bagi para pengecer, promosi
bisa menigkatkan penjualan kategori komplementer (promosi adukan kue bisa
membantu mendorong penjualan lapisan kue) juga menyebabkan pelanggan beralih
toko. Para pemasar juga bisa memanfaatkan promosi penjualan untuk mencapai
tujuan pemasaran.
Iklan versus Promosi
Beberapa faktor menyumbang kepada pertumbuhan yang
cepat ini khususnya dalam pasar komsumen.
1) Sekarang promosi lebih di terima
oleh menajemen puncak sebagai alat penjualan yang efektif
2) Lebih banyak manager yang di
kualifikasi untuk mengunakan alat promosi penjualan
3) Para manager produk berada dalam
tekanan yang lebih besar untuk meningkatkan penjualan sekarang ini
4) Jumlah merek telah menigkat
5) Para pesaing sering menggunakan
promosi
6) Banyak merek terlihat serupa
7) Konsumen semakin berorientasi
harga
8) Perdaganggan menuntut lebih
banyak transaksi dari prosedur
Persaingan harga sering di gunakan oleh merek
kecil untuk memperluas pangsanya, namun kurang efektif bagi pemimpin kategori
yang pertumbuhannya terletak dalam perluasan kategori. Hasilnya
banyak perusahaan barang kemasan konsumen merasa bahwa mereka di paksa
untuk menggunakan lebih banyak penjualan dari pada yang mereka inginkan.
Mereka menyalahkan terlalu banyak penggunaan promosi perjualaan untuk
mengurangi kesetiaan merek, meningkatkan kepekaan harga konsumen, penipisan
citra mutu merek, dan berfokus pada perencanaan pemasaraan jangka panjang.
Keputusan-keputusan utama
Dalam menggunakan promosi penjualan, perusahaan harus
menetapkan tujuan-tujuannya, memilih alat, mengembangkan program, melakukan
pra-pengujian program tersebut, mengimplementasikan dan mengendalikannya, dan
mengevaluasi hasilnya.
a. Menetapkan tujuan. Tujuan
promosi penjualan diperoleh dari tujuan promosi yang lebih luas, yang diperoleh
dari tujuan pemasaran yang lebih mendasar yang dikembangkan untuk produk
tersebut.
b. Memilih alat promosi konsumen, alat promosi
perdagangan, alat promosi dan promosi tenaga penjualan. Perencana
promosi seharusnya memperhitungkan jenis pasar, tujuan promosi penjualan,
kondisi persaingan dan efektivitas biaya masing-masing alat. Produsen
menggunakan sejumlah alat promosi perdagangan. Perusahaan menggunakan alat
promosi bisnis untuk mengumpulkan petunjuk bisnis, membuat pelanggan terkesan
dan memberi imbalankepada tenaga penjualan, dan memotivasi mereka untuk bekerja
lebih keras.
c. Mengembangkan program. Pemasar
dapat menggabungkan beberapa media ke dalam suatu konsep kampanye total.
d. Pra-pengujian, implementasi, pengendalian, dan
evaluasi program. Walaupun sebagian besar program promosi penjualan
dirancang berdasarkan pengalaman, seharusnya dilakukan pra-pengujian untuk
menentukan apakah alat tersebut tepat, apakah besarnya insentif tersebut
optimal, dan apakah metode penyajiannya efisien. Untuk mengevaluasi, produsen
dapat menggunakan tiga metode (data penjualan, survei konsumen, dan eksperimen).
Acara Khusus dan Pengalaman
Dengan menjadi bagian dari saat releven yang lebih spesial dan lebih personal
dalam kehidupan komsumen, keterlibatan pada acara-acara khusus dapat memperluas
dan memperdalam hubungan peusahaan dengan pasar sasaran. Atmosfer merupakan
”lingkunggan yang di kemas” yang menciptakan atau mengkukuhkan kecenderunggan
ke arah produk.
Tujuan acara Khusus
- Untuk Mengidentifikasi sebuah pasar sasaran khusus atau gaya hidup
- Untuk menigkatkan kesadaran nama perusahaan atau produk
- Untuk menciptakan atau mengkukuhkan persepsi konsumen tentang asosiasi citra merek
- Untuk menigkatkan dimensi citra perusahaan
- Untuk menciptakan pengalaman dan pembangkitan perasaan
- Untuk menggungkapkan komitmen pada komunitas atau pada isu sosial
- untuk menghibur klaien utama atau menggimbali kayrawan kunci
- Unuk memungkinkan peluang perdaganggan atau promosi
Keputusan utama
Pengembangan acara khusus yang berhasil disponsori
mencakup pemilihan peristiwa khususnya yang tepat, merancang program
pensponsoran yang optimal untuk acara khusus, dan mengukur efek pensponsoran.
Memilih peluang untuk acara khusus
Acara khusus harus memiliki cukup kesadaran, memiliki
citra yang diinginkan dan mampu menciptakan efek yang diinginkan pada pasar
sasaran. Acara khusus yang ideal adalah acara khusus:
(1) yang audiensnya sangat cocok dengan pasar sasaran
yang diinginkan.
(2) yang menghasilkan perhatian yang sangat
menyenangkan.
(3) yang unik tetapi tidak membebani banyak sponsor.
(4) yang memungkinkan dirinya melayani kegiatan
pemasaran.
(5) yang mencerminkan atau meningkatkan citra merek.
MERANCANG PROGRAM PENSPONSORAN Untuk
mendapatkan dampak yang berarti, para sponsor umumnya mendukung aktivitas
semacam itu dengan sampel, hadiah, iklan, promosi eceran dan pemberitaan.
MENGUKUR KEGIATAN PENSPONSORAN
Ada dua pendapatan dasar untuk
mengukur dampak kegiatan pensponsoran
(1) metode sisi pasokan yang berfokus pada pontensi
paparan merek dengan menilai luasnya liputan media
(2) metode sisi permintaan berfokus pada paparan yang
di laporkan konsumen.
Hubungan Masyarakat
Hubungan masyarakat ( public relation ) meliputi berbagai program yang
dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau
masing-masing produknya. Kebanyakan perusahaan memiliki departemen hubungan
masyarakat yang memantau sikap masyarakat organisasi tersebut dan membagikan
informasi dan komunikasi untuk membangun kehendak yang baik.
Hubungan Masyarakat Pemasaran
Banyak perusahaan berpaling ke hubungan masyarakat
pemasaran ( MPR – marketing public relation) untuk langsung mendukung promosi
dan pembentukan citra perusahaan atau produk. MPR memegang peran penting dalam
tugas – tugas berikut :
- Membantu peluncuran produk – produk baru.
- Membantu memposisikan kembali produk yang sudah matang.
- Membangun minat terhadap kategori produk.
- Mempengaruhi kelompok sasaran tertentu.
- Membela produk yang telah menghadapi masalah public.
- Membangun citra korporat yang tercermin dengan baik dalam produk-produknya.
Keputusan – keputusan Utama dalam
Humas Pemasaran
- Menetapkan tujuan pemasaran.
- Memilih pesan dan sarana.
- Melaksanakan rencana dan mengevaluasi hasilnya.
Apakah Anda membutuhkan kredit yang mendesak?
BalasHapus* Transfer Sangat Cepat dan Instan ke rekening bank Anda
Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman di bank Anda
akun bank
* Suku bunga rendah 2%
* Pengembalian jangka panjang (1-30) Panjang
* Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
*. Berapa lama untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
pembiayaan dalam 48 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
Dari para kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman yang mudah, tulus, serius, korporasi, hukum dan publik dengan bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.
Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang diminta untuk mengatur bisnis Anda, beli rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami melalui,
E-mail resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
Instagram resmi: Rossamikefavor
Twitter Resmi: Rossastanlyloan
Facebook resmi: rossa stanley mendukung
CSN: +12133153118
untuk respon cepat dan cepat.
Silakan mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7
DATA PEMOHON
1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Status Perkawinan:
6) Pekerjaan:
7) Nomor Telepon:
8) posisi di tempat kerja:
9) Penghasilan Bulanan:
10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
11) Jangka Waktu Pinjaman:
12) nama facebook:
13) Nomor Whatsapp:
14) Agama:
15) Tanggal lahir:
SALAM,
Mrs.Rossa Stanley Favor
ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
Email rossastanleyloancompany@gmail.com
Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
BalasHapusApakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.
Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.
Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.
Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
BalasHapusApakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.
Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.
Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.
Saya ingin memulai dengan bersyukur kepada Tuhan untuk hadiah hidup. Nama saya Nadia Sisworo dan saya ingin berbagi cerita bagus tentang ibu Rossa Stanley Favorite, perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya manis. Saya mengalami kesulitan keuangan untuk beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima gaji saya. Dan saat itulah hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali. Tetapi ketika saya pikir hidup saya sudah berakhir, saya benar-benar mencoba bunuh diri, pada saat itulah Tuhan menggunakan teman saya dan Neighbor Annisa Berkarya yang sekarang telah pindah ke Singapura, dia membantu saya untuk menghubungi ibu Rossa Stanley yang katanya seorang teman dari India menghubungkannya dengan ibu Rossa, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen saya yang saya ajukan dan sebelum saya tahu itu permintaan pinjaman saya untuk Rp120.000.000,00 disetujui, sebelum itu saya telah mencoba tiga perusahaan pinjaman online yang berbeda tetapi tidak ada bantuan positif, tetapi ibu rossa stanley melalui perusahaan pinjamannya ROSSATANLEYLOANCOMPANY mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan bahwa sampai saya mati saya akan terus membagikan kisah ini sehingga sesama warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, jangan menghubungi pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita pinjaman palsu, Setelah itu proses persetujuan kredit saya selesai dan saya menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyatakan bahwa saya harus memberikan Rincian pergelangan kaki. Saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman yang saya minta. mother rossa stanley adalah satu-satunya pemberi pinjaman nyata, tulus, dan tulus di seluruh dunia jadi jangan ragu untuk menghubungi ibu Rossa dengan sopan di saluran ini ROSSASTANLEYLOANCOMPANY@GMAIL.COM
BalasHapusPanggil Saja +12133153118
Aplikasi Whats Mother Rossa +19145295708
Ini adalah kesaksian saya dan dapat diverifikasi dengan detail akun saya yang di bawah ini jika Anda ragu
itulah cara hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi berita sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah situasi saya. Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya . Ini email saya: nadiasisworo@gmail.comDan di bawah ini adalah detail akun saya yang mendapat kredit dari pinjaman dari rossastanleyloancompany,
Alamat bank: Cabang Jatinegara, Jakarta Timur
Nama akun: Nadia Sisworo
Nomor akun: 0504482516
Nama Bank: Bank Negara Indonesia (BNI)
KABAR BAIK
BalasHapusPertama saya ingin mengatakan jika Anda takut akan berhasil, Anda tidak akan berhasil bahkan jika kesempatan datang murah dan gratis, semuanya dimulai pada malam yang dingin sementara di tempat tidur saya pergi melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah lama hari di bank mencoba untuk mengamankan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya diberitahu untuk kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya seperti selamanya jadi sementara pada saya ranjang berpikir mungkin tindakan berikutnya saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama-nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata jadi saya menyelidiki lebih jauh dan datang di seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan rincian banknya semua ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya nyata dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Rossastanleyloancompany@gmail.com Whatsapp + 19145295708tentang kondisi saya dan formulir pinjaman diberikan saya mengisi dan mengajukan permohonan pinjaman sebesar Rp350.000,00,00 dan sisanya untuk Kemuliaan Allah saya mendapat pinjaman dari perusahaan induk rossa sehingga orang-orang terkasih jika Anda memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin mengembangkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk bantuan saya yakin Rp350.000.000,00 sudah cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu-ragu biaya untuk menelepon atau WhatsApp saya di +6282385590743 atau menulis saya di hadiemi64@gmail.com dan facebook di Hadi emi dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu nyata