Pekuliahan
manajemen pemasaran pendidikan di laksanakan di gedung IDB 1 bukan lagi di
gedung fakultas ilmu pendidikan, perkuliahan berlangsung dengan di paparkannya
materi oleh bapak Dr.Amril Muhammad S.E M.Pd dengan paparan materi marketing
mix.
Marketing
Mix atau kata lainnya adalah bauran pemasaran, yaitu kegiatan pemasaran yang
dilakukan secara terpadu, yang dilakukan secara bersamaan di antara elemen yang
ada dalam marketing mix itu sendiri. Elemen-elemen tersebut meliputi strategi
produk (product), harga (price), strategi lokasi (place) dan strategi promosi (promotion). Dan inilah pemaparan
terhadap ke empat elemen-elemen yang ada di dalam marketing mix:
·
Product
(produk)
Produk adalah sesuatu yang dapat
ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki,
digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan.
Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu setiap pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dalam menciptakan produk.
Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu setiap pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dalam menciptakan produk.
Dalam menciptakan produk yang
memiliki nilai tinggi perlu di pertimbangkan hal-hal yang tergantung dari
berbagai pihak yang terkait dengan produk tersebut antara lain:
1. Pelayanan Prima, artinya pelanan
terhadap produk yang dijual harus dilakukan secara baik.
2. Orang profesional, mempunyai kemampuan
untuk menjelaskan dan mempengaruhi konsumen sehingga mau membeli produk yang ditawarkan.
3. Sarana dan prasarana yang dimiliki
harus dapat menunjang kelebihan produk yang dimiliki. Seperti kecanggihan dan
kelengkapan yang dimiliki sehingga mampu melayani konsumen secara cepat dan
tepat.
4. Lokasi yang sangat berpengaruh
terhadap kenyamanan dan keamanan konsumen
5. Nama baik produk menjadi jaminan
bagi konsemen untuk membeli produk yang kita tawarkan kepada konsumen yang kita
tuju.
6. Pengujian pasar, bertujuan untuk
mengetahui reaksi pasar terhadap produk yang akan atau yang sudah diluncurkan
serta menguji penerimaan pasar yang sesungguhnya.
7. Komersialis, merupakan tahap akhir
setelah pengujian positif mendapat tanggapan pasar.
·
Price
(harga)
Harga merupakan alat untuk mengukur
nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar
dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen. Harga
merupakan indikator dari pada barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati
dalam memperhatikan potensi pasar. Oleh sebab itu, menentukan harga perlu
diperhatikan agar harga yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen disamping
itu dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Jangan sampai penentuan harga
barang mengalami kesalahan karena bila semua fitur yang kita berikan sudah baik
namun harga yang kita jual terlalu murah maka konsumen tidak akan percaya
dengan produk yang kita berikan karena yang ada di dalam benak konsumen bahwa
harga akan berbanding lurus dengan kualitas.
·
Place
(distribusi/tempat)
Produk yang telah dihasilkan oleh
suatu produsen akan lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut
tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan. Dalam pencapain tujuan
utama dari pemasaran yakni menyalurkan barang-barang atau jasa. Secara efisien
dari produsen ke konsumen, maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran
(distribusi) sebagai mata rantai yang harus dilalui oleh barang-barang dari
produsen ke konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat.
Barang yang dihasilkan oleh para produsen biasanya tidak secara langsung mereka menjualnya kepada konsumen, tetapi biasanya mereka melalui suatu perantara agar produk yang dihasilkan dapat dengan mudah sampai ke tangan konsumen. Ada tiga perantara pedagang yaitu pedagang besar, agen, dan pengencer.
Barang yang dihasilkan oleh para produsen biasanya tidak secara langsung mereka menjualnya kepada konsumen, tetapi biasanya mereka melalui suatu perantara agar produk yang dihasilkan dapat dengan mudah sampai ke tangan konsumen. Ada tiga perantara pedagang yaitu pedagang besar, agen, dan pengencer.
Pedagang besar yaitu pedagang yang
mendistribusikan produk para produsen, saluran ini dilakukan oleh perusahaan
dan hanya menggunakan suatu pedagang besar. Jadi produsen hanya menjual
produknya kepada suatu pedangang besar saja dengan mengunakan satu penyalur.
Contohnya : dalam penjualan mobil, motor. Sementara penjual (agen) adalah
pendistribusian dalam jumlah pembelian dalam skala besar pendistribusian ini
yang nantinya akan disalurkan kembali oleh para pengecer. Sedangkan penjual
(pengecer) adalah yang menjual produk dan sebagai penyalur langsung kepada
konsemen usaha ini dimaksudkan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan konsumen,
semakin cepat para konsumen terpenuhi kebutuhannya maka semakin cepat pula
terpenuhi kepuasannya.
·
Promotion
(promosi)
Promosi adalah suatu usaha produsen atau
individu memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen secara
lansung terhadap produk yang dihasilkan. Promosi adalah cara yang efektif dalam
merebut konsumen dipasaran, serta memperkenalkan barang- barang baru yang
diproduksi.
Dan itulah uraian terhadap elemen-elemen
yang berlaku untuk melihat marketing mix atau bauran pemasaran dari sisi
penjual saja, dan inilah penjelasan terhadap marketing mix dari sisi pembeli
yang memiliki empat elemen yaitu Costumer
Solution, Costumer Cost,
Convenience, dan Communication. Costumer Solution adalah
memperhatikan produk apa yang dibutuhkan oleh pelanggan di mana penjual atau
produsen mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Costumer Cost adalah biaya yang sanggup dikeluarkan oleh
pelanggan untuk memperoleh produk tersebut. Convenience adalah kenyamanan yang didapatkan oleh
pelanggan dalam menerima pelayanan dan juga kenyamanan dalam menggunakan produk
tersebut. Communiation adalah
teknik komunikasi yang diharapkan oleh pelanggan terhadap perusahaan dalam
menyampaikan produknya.
Dalam marketing mix atau bauran
pemasaran terdapat hal penting yaitu komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran
mencakup bauran komunikasi dan proses komunikasi. Komunikasi dilakukan untuk
mempromosikan produk. Sasaran dari promosi adalah mengubah pemikiran pembeli
terhadap produk agar pembeli merasa membutuhkan produk atau menimbulkan
keinginan pembeli untuk memperoleh produk. Sedangkan tugas dalam promosi yaitu
promosi informatif, promosi persuasif, dan promosi mengingatkan. Promosi
informatif adalah promosi yang menekankan pada pemberian informasi kepada
pelanggan. Dan dalam melakukan bauran pemasaran produk, produk harus
dipromosikan dengan maksimal dan memenuhi beberapa hal yaitu kemasan, merk, dan standarisasi produk.
Kemasan penting sebagai pelindung isi produk dan memberikan kemudahan dalam
penggunaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar