Kamis, 13 Maret 2014

Marketing Mix



Pekuliahan manajemen pemasaran pendidikan di laksanakan di gedung IDB 1 bukan lagi di gedung fakultas ilmu pendidikan, perkuliahan berlangsung dengan di paparkannya materi oleh bapak Dr.Amril Muhammad S.E M.Pd dengan paparan materi marketing mix.
Marketing Mix atau kata lainnya adalah bauran pemasaran, yaitu kegiatan pemasaran yang dilakukan secara terpadu, yang dilakukan secara bersamaan di antara elemen yang ada dalam marketing mix itu sendiri. Elemen-elemen tersebut meliputi strategi produk (product), harga (price), strategi lokasi (place) dan strategi promosi (promotion). Dan inilah pemaparan terhadap ke empat elemen-elemen yang ada di dalam marketing mix:
·         Product (produk)
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan.
Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu setiap pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dalam menciptakan produk.
Dalam menciptakan produk yang memiliki nilai tinggi perlu di pertimbangkan hal-hal yang tergantung dari berbagai pihak yang terkait dengan produk tersebut antara lain:
1.      Pelayanan Prima, artinya pelanan terhadap produk yang dijual harus dilakukan secara baik.
2.      Orang profesional, mempunyai kemampuan untuk menjelaskan dan mempengaruhi konsumen sehingga mau membeli produk yang ditawarkan.
3.      Sarana dan prasarana yang dimiliki harus dapat menunjang kelebihan produk yang dimiliki. Seperti kecanggihan dan kelengkapan yang dimiliki sehingga mampu melayani konsumen secara cepat dan tepat.
4.      Lokasi yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan konsumen
5.      Nama baik produk menjadi jaminan bagi konsemen untuk membeli produk yang kita tawarkan kepada konsumen yang kita tuju.
6.      Pengujian pasar, bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar terhadap produk yang akan atau yang sudah diluncurkan serta menguji penerimaan pasar yang sesungguhnya.
7.      Komersialis, merupakan tahap akhir setelah pengujian positif mendapat tanggapan pasar.

·         Price (harga)
Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen. Harga merupakan indikator dari pada barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati dalam memperhatikan potensi pasar. Oleh sebab itu, menentukan harga perlu diperhatikan agar harga yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen disamping itu dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Jangan sampai penentuan harga barang mengalami kesalahan karena bila semua fitur yang kita berikan sudah baik namun harga yang kita jual terlalu murah maka konsumen tidak akan percaya dengan produk yang kita berikan karena yang ada di dalam benak konsumen bahwa harga akan berbanding lurus dengan kualitas.

·         Place (distribusi/tempat)
Produk yang telah dihasilkan oleh suatu produsen akan lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan. Dalam pencapain tujuan utama dari pemasaran yakni menyalurkan barang-barang atau jasa. Secara efisien dari produsen ke konsumen, maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran (distribusi) sebagai mata rantai yang harus dilalui oleh barang-barang dari produsen ke konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat.
Barang yang dihasilkan oleh para produsen biasanya tidak secara langsung mereka menjualnya kepada konsumen, tetapi biasanya mereka melalui suatu perantara agar produk yang dihasilkan dapat dengan mudah sampai ke tangan konsumen. Ada tiga perantara pedagang yaitu pedagang besar, agen, dan pengencer.
Pedagang besar yaitu pedagang yang mendistribusikan produk para produsen, saluran ini dilakukan oleh perusahaan dan hanya menggunakan suatu pedagang besar. Jadi produsen hanya menjual produknya kepada suatu pedangang besar saja dengan mengunakan satu penyalur. Contohnya : dalam penjualan mobil, motor. Sementara penjual (agen) adalah pendistribusian dalam jumlah pembelian dalam skala besar pendistribusian ini yang nantinya akan disalurkan kembali oleh para pengecer. Sedangkan penjual (pengecer) adalah yang menjual produk dan sebagai penyalur langsung kepada konsemen usaha ini dimaksudkan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan konsumen, semakin cepat para konsumen terpenuhi kebutuhannya maka semakin cepat pula terpenuhi kepuasannya.

·         Promotion (promosi)
Promosi adalah suatu usaha produsen atau individu memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen secara lansung terhadap produk yang dihasilkan. Promosi adalah cara yang efektif dalam merebut konsumen dipasaran, serta memperkenalkan barang- barang baru yang diproduksi.

Dan itulah uraian terhadap elemen-elemen yang berlaku untuk melihat marketing mix atau bauran pemasaran dari sisi penjual saja, dan inilah penjelasan terhadap marketing mix dari sisi pembeli yang memiliki empat elemen yaitu Costumer Solution, Costumer Cost, Convenience, dan Communication. Costumer Solution adalah memperhatikan produk apa yang dibutuhkan oleh pelanggan di mana penjual atau produsen mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Costumer Cost adalah biaya yang sanggup dikeluarkan oleh pelanggan untuk memperoleh produk tersebut. Convenience adalah kenyamanan yang didapatkan oleh pelanggan dalam menerima pelayanan dan juga kenyamanan dalam menggunakan produk tersebut. Communiation adalah teknik komunikasi yang diharapkan oleh pelanggan terhadap perusahaan dalam menyampaikan produknya.

Dalam marketing mix atau bauran pemasaran terdapat hal penting yaitu komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran mencakup bauran komunikasi dan proses komunikasi. Komunikasi dilakukan untuk mempromosikan produk. Sasaran dari promosi adalah mengubah pemikiran pembeli terhadap produk agar pembeli merasa membutuhkan produk atau menimbulkan keinginan pembeli untuk memperoleh produk. Sedangkan tugas dalam promosi yaitu promosi informatif, promosi persuasif, dan promosi mengingatkan. Promosi informatif adalah promosi yang menekankan pada pemberian informasi kepada pelanggan. Dan dalam melakukan bauran pemasaran produk, produk harus dipromosikan dengan maksimal dan memenuhi beberapa hal yaitu kemasan, merk, dan standarisasi produk. Kemasan penting sebagai pelindung isi produk dan memberikan kemudahan dalam penggunaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar